Tips Menghindari Retak Atau Crack Saat Memoles!

tips menghindari retak atau crack saat memoles
Batu Akik Yang Retak
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit tips atau informasi tentang bagaimana cara meminimalisir terjadinya keretakan atau crack pada saat proses pembuatan batu akik. Hal ini pernah terjadi pada pengalaman saya sendiri selama menjadi pembuat batu akik, kalau batunya biasa saja sih mungkin tidak terlalu masalah tetapi kalau misalnya batu tersebut adalah jenis batu yang bagus dan bernilai mahal itulah yang nantinya akan menjadi masalah heheh... Saya katakan menjadi masalah karena bisa jadi si pemilik batu tersebut meminta ganti rugi kepada si pembuat atau pemoles batu akik tersebut. Oleh karena itu disini saya akan mencoba berbagi tips kepada anda semuanya tentang menghindari retak atau crack saat memoles.
Adapun tips menghindari retak atau crack saat memoles atau membuat batu akik adalah sebagai berikut:

  1. Kualitas peralatan sangat berpengaruh dalam pembuatan batu akik, semakin bagus "media tempur" kita tentu saja akan berdampak pada kualitas hasil batu akik itu sendiri. Suatu contoh adalah jika kita menggunakan diamond wheel pada saat pembentukan atau penghalusan batu, maka sudah tentu hasilnya akan lebih bagus dan cepat daripada memakai gerinda batu hijau biasa. Saya bisa berkata demikian karena hal itu sudah pernah saya buktikan sendiri, kelebihannya jika kita menggunakan diamond wheel, batu yang kita buat atau poles tidak cepat panas! berbeda dengan menggunakan gerinda batu ijo yang bisa menyebabkan cepat panas pada batu dan akhirnya menjadi retak atau crack!
  2. Jenis batu yang akan kita bentuk atau poles juga sangat berpengaruh karena ada beberapa jenis batu yang memang mudah retak meskipun kita menggunakan peralatan yang bagus. Jadi saran saya jika anda sudah tau kalau jenis batu tersebut mudah retak dalam proses pembuatannya maka lebih baik sampaikan saja terlebih dahulu kepada yang punya batu. Hal ini penting supaya nanti ada kesepakatan kalau misalnya terjadi keretakan atau crack kita tidak harus ganti rugi hehehe...
  3. Tips berikutnya untuk menghindari retak atau crack adalah pada saat tahap penghalusan atau pengamplasan. Dari pengalaman saya ada beberapa jenis batu yang tidak begitu tahan dengan suhu yang terlalu tinggi pada saat diamplas dan akhirnya batu tersebut retak. Dan tips lainnya adalah jangan terlalu sering dicelup ke air pada saat pengamplasan, hal ini dikarenakan adanya perubahan suhu yang drastis dari panas langsung ke dingin dan akhirnya batu tersebut retak. Lebih baik kalau misalnya diamplas dalam kondisi basah ya basah aja terus atau kalau tanpa air ya tanpa air aja terus malah tidak masalah.
  4. Dan yang terakhir adalah dari faktor "tangan" si pembuat batu akik itu sendiri. Maksudnya adalah dari faktor ketelatenan dalam membuat batu akik karena semakin telaten atau sabar maka akan semakin bagus pula hasilnya.
Nah itulah tadi beberapa tips menghindari retak atau crack saat memoles atau membuat batu akik versi saya sendiri, jika mungkin ada beberapa hal lagi yang perlu ditambahkan anda bisa menulisnya pada kolom komentar. Atau jika anda para pembaca ingin bertanya tentang seputar masalah ini silakan ditulis saja di kolom komentar, Insya Allah akan saya balas sesuai dengan kemampuan dan kapasitas saya hehehe...

Terima kasih dan sampai ketemu lagi di postingan saya yang akan datang :)

» Thanks for reading Tips Menghindari Retak Atau Crack Saat Memoles!

0 Response to "Tips Menghindari Retak Atau Crack Saat Memoles!"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai dengan topik dan untuk kenyamanan bersama, jika ada komentar yang tidak berkaitan dengan topik akan saya hapus. Terima kasih :)