Tips Memotong, Membentuk, dan Memoles Ulang Batu

Cara mengecilkan batu akik
Jika anda adalah seorang pembuat atau pengrajin batu akik, tentu pernah mengalami hal seperti ini. Tak jarang dari pelanggan kita biasanya meminta untuk menservis ulang sebuah batu yang sudah jadi, ada banyak alasan mungkin ukuran batu ingin lebih diperkecil lagi atau mungkin alasan lainnya yaitu masih kurang puas dengan hasil pekerjaan tukang poles atau pembuat batu akik yang sebelumnya. Nah inilah yang saya maksud dengan pekerjaan memotong, membentuk, dan memoles ulang sebuah batu yang sudah jadi. Pekerjaan ini sebenarnya kalau saya boleh bilang adalah pekerjaan yang gampang - gampang susah! Gampangnya adalah kita tidak perlu repot lagi membelah suatu bongkahan atau rough batu, tetapi susahnya terkadang bukannya malah menjadi lebih baik dari sebelumnya tetapi malah lebih jelek atau bahkan bisa menjadi retak dan pecah apabila kita tidak berhati - hati dalam mengerjakannya.

Dalam tulisan saya kali ini akan sedikit berbagi tips kepada anda semuanya tentang bagaimana cara memotong, membentuk, dan memoles ulang sebuah batu sehingga bisa menjadi lebih bagus dan indah daripada yang sebelumnya. Adapun tips nya adalah sebagai berikut: 
  • Sebelum anda menerima sebuah pekerjaan ulang dari pelanggan (mengecilkan atau memoles, dll) teliti terlebih dahulu kondisi batu yang akan dikerjakan. Maksudnya adalah perhatikan baik - baik apakah batu tersebut crack / retak, kalau ada crack atau retakan pada batu sebaiknya anda tidak perlu mengambil resiko untuk mengerjakannya lagi karena potensi pecah pada batu akan sangat tinggi. Atau jika anda berani untuk mengambil pekerjaan tersebut alangkah baiknya sampaikan saja kepada pelanggan kita akan hal atau resiko terjelek sekalipun ketika batu tersebut akan di servis ulang. Paling tidak jika nantinya dalam proses pengerjaan ulang terdapat "musibah" atau "kecelakaan" pada batu, anda tidak akan disalahkan oleh si pemiliknya. Adapun tips menghindari retak atau crack saat memoles bisa anda baca DISINI
  • Selanjutnya adalah anda dituntut untuk lebih banyak mengerti dan mengetahui setiap karakter pada batu yang akan dikerjakan. Ada beberapa bahkan sering kali saya diminta untuk memoles sebuah batu yang sudah jadi dengan alasan batu tersebut kurang mengkilap. Padahal memang ada beberapa sifat atau karakter batu yang memang tidak bisa mengkilap meskipun sudah dipoles berulang kali dan menggunakan serbuk intan. Tentunya pengalaman seperti ini memang butuh proses atau tidak bisa instan seiring dengan jam terbang dari si pemoles atau pembuat batu itu sendiri. Kalau secara umum biasanya batu yang terletak di daerah tandus dan kering akan lebih susah mengkilap daripada batu yang terletak di dekat sungai atau air, hal ini dikarenakan kandungan mineral pada batu di daerah kering atau tandus lebih sedikit daripada batu yang terletak di sekitaran sungai. 
  • Tips berikutnya adalah cermati terlebih dahulu batu tersebut buatan pabrik atau bukan. Biasanya kalau buatan pabrik ada semacam lapisan transparan yang bertujuan untuk membuat batu terlihat mengkilap. Saya pernah mempunyai pengalaman ada seorang pelanggan minta tolong untuk mengecilkan ukuran batu yang sudah jadi, saya lihat sekilas batunya sangat keras dan padat maka saya memberanikan diri untuk mengecilkan ukuran batu tersebut. Setelah saya kecilkan dan bentuk sesuai dengan permintaan lalu saya lanjutkan dengan tahap penghalusan atau pengamplasan, dalam hati saya heran dan bertanya - tanya "ini batu kenapa tidak bisa mengkilap" padahal sudah sampai menggunakan amplas ukuran atau grid #5000 dan memakai serbuk intan!!! Jujur aja waktu itu saya bingung dan takut karena bukannya lebih bagus dari sebelumnya tetapi malah terlihat lebih kusam atau tidak bisa mengkilap hehehe... tetapi untung saja si pemilik batu tersebut bisa mengerti ketika saya jelaskan bahwa batu tersebut banyak kandungan kapur nya di dalam hehehe... Nah dari kejadian tersebut akhirnya saya bertanya kepada beberapa orang teman yang berprofesi sama sebagai seorang pembuat batu, kenapa hal itu bisa terjadi??? Lalu dari beberapa orang tersebut mempunyai jawaban yang sama yaitu kemungkinan batu tersebut diberi semacam cairan transparan untuk bisa membuat batu lebih mengkilap! Benar atau tidaknya saya kurang tau, tetapi jika ada dari anda para pembaca yang mengetahuinya bisa di share atau berbagi disini. 
  • Lalu yang terakhir adalah jika memang anda yakin bahwa batu tersebut bisa lebih baik untuk diservis atau diproses ulang silakan anda terima saja pekerjaan tersebut dengan catatan lakukan tahapan demi tahapan secara lebih hati - hati dan sabar supaya mencapai hasil akhir yang lebih bagus lagi dari yang sebelumnya. Beberapa tips memoles bisa anda baca DISINI
Nah itulah tadi beberapa tips dari saya tentang pekerjaan memotong, membentuk, dan memoles ulang sebuah batu yang sudah jadi. Mudah - mudahan tulisan saya diatas bisa bermanfaat bagi anda yang memang sedang mencari informasi tersebut.

» Thanks for reading Tips Memotong, Membentuk, dan Memoles Ulang Batu

0 Response to "Tips Memotong, Membentuk, dan Memoles Ulang Batu"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai dengan topik dan untuk kenyamanan bersama, jika ada komentar yang tidak berkaitan dengan topik akan saya hapus. Terima kasih :)