Tips Membuat Dan Memoles Batu Bulu Macan

tips membuat dan memoles batu bulu macan
Batu bulu macan adalah salah satu jenis batu yang unik dan bernilai jual tinggi saat ini, maka tidak heran kalau jenis batu ini banyak diburu oleh para pecinta batu akik baik di Indonesia sendiri maupun dari manca negara. Keunikan dari batu bulu macan ini adalah terletak pada serat atau bahasa jawanya "sulak" yang bisa menjadi 3 dimensi apabila terkena pantulan sinar apalagi kalau terkena air. Memang banyak jenis batu bulu macan yang ada dipasaran saat ini, tetapi yang paling bernilai tinggi dan banyak diburu orang adalah yang berasal dari Lumajang dan Jember.


Banyak yang bilang batu bulu macan dari Lumajang dan Jember ini sebenarnya adalah fosil dari tetes tebu yang sudah mengeras dan berusia puluhan bahkan ratusan tahun lamanya. Dari pengalaman saya selama ini batu ini memiliki dua macam warna serat yaitu kuning dan putih, tetapi yang paling banyak dicari dan yang bernilai jual tinggi saat ini adalah yang mempunyai warna serat kuning ke emasan. Itulah tadi sedikit informasi atau gambaran mengenai asal usul batu bulu macan, dan sesuai dengan topik tulisan saya kali ini saya akan berbagi sedikit tips tentang bagaimana cara membuat dan memoles batu bulu macan agar memperoleh hasil yang memuaskan.

Proses pembuatan dan pemolesan batu bulu macan ini kalau saya boleh bilang adalah gampang - gampang susah hehehe... Saya bilang gampang karena batu ini adalah jenis batu yang tidak terlalu keras sehingga relatif cepat dalam tahap pembentukannya. Namun disisi lain agak susah pada tahap penghalusan atau pengamplasan nya karena kekerasan batu bulu macan ini tidak rata, pada bagian seratnya agak keras tetapi pada bagian yang tidak terdapat serat biasanya agak empuk. Maka dari itu saya sarankan untuk pengamplasan lebih baik menggunakan cara manual saja (tidak memakai mesin) karena sering kali kalau memakai mesin atau gerinda biasanya malah tidak rata (bagian yang tidak terdapat serat cenderung agak banyak termakan amplas).

Tetapi kalau anda bisa mencari batu bulu macan yang berkualitas bagus, maka masalah diatas tidak akan anda temui pada tahap penghalusan karena batu bulu macan yang bagus biasanya tingkat kekerasan nya rata baik pada bagian yang berserat maupun pada bagian yang tidak berserat. Dan satu lagi tips yang ingin saya tambahkan pada tahap penghalusan atau pengamplasan ini adalah sebaiknya menggunakan media air, jadi selama proses mengamplas sebaiknya dalam keadaan basah karena berdasarkan pengalaman saya pribadi beberapa kali amplas batu bulu macan dalam kondisi kering warna serat nya tidak begitu muncul hehe...

Lalu pada tahap terakhir yaitu pemolesan anda bisa menggunakan serbuk intan yang dicampur dengan minyak baby oil untuk cara pemakaian serbuk intan saya sudah pernah menulisnya, anda bisa membacanya kembali DISINI. Pernah saya temui beberapa artikel di internet memoles batu bulu macan dengan bambu, kalau bisa cara ini jangan sekali - kali diterapkan pada jenis batu bulu macan ya bos hehehe... Baiklah sementara itu dulu tips yang bisa saya bagikan kepada anda mudah - mudahan bisa bermanfaat.

Jika ada pengalaman - pengalaman lain atau barangkali tips lainnya dari anda para pembaca bisa dibagikan melalui kolom komentar, Terima kasih.

» Thanks for reading Tips Membuat Dan Memoles Batu Bulu Macan

0 Response to "Tips Membuat Dan Memoles Batu Bulu Macan"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai dengan topik dan untuk kenyamanan bersama, jika ada komentar yang tidak berkaitan dengan topik akan saya hapus. Terima kasih :)