Susahnya Membeli Soft Diamond Wheel Di Indonesia

Soft Diamond Wheel Luar Negeri
Banyak orang beranggapan bahwa musim batu akik sudah lewat, memang saya akui bahwa sekarang memang tidak seramai kira - kira 1 tahun yang lalu dimana batu akik masih sangat bagus sekali untuk dijadikan lahan bisnis mengais rejeki. Namun demikian ditempat saya pribadi (daerah Blitar) batu akik masih boleh dikatakan ramai peminatnya, terbukti dari job pesanan batu akik yang saya terima hingga sampai saat ini masih boleh dikatakan relatif stabil setiap harinya. Memang dalam berbisnis batu akik (tukang poles) harus pandai - pandai menerapkan strategi yang bisa untuk tetap menarik pelanggan misalnya dengan mengupdate atau memperbarui stok bahan batu akik (bongkahan / rough), dll.


Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah memperlengkap peralatan kerja seperti diamond wheel, soft diamond wheel, dll. Namun sayangnya untuk soft diamond wheel di Indonesia sangat jarang sekali orang yang menjualnya. Kalaupun ada harganya masih relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan harga yang ada di luar negeri seperti dari China dan Amerika. Untuk harga soft diamond wheel di Indonesia yang saya tau saat ini berkisar antara Rp.650.000,- sampai dengan Rp.850.000,- dan untuk harga di luar negeri antara $300 - $400 (bisa anda cek di ebay dan situs belanja online lainnya yang menjual perlengkapan lapidary).

Kegunaan dari soft diamond wheel adalah sebagai pengganti amplas dalam tahap penghalusan batu akik. Sesuai dengan namanya, gerinda ini mempunyai tekstur yang fleksibel karena terdapat semacam karet pada sisi dalam nya. Alat ini memudahkan kita untuk menghilangkan garis bekas pembentukan awal (flat spot) pada batu. Memang harga dari soft diamond wheel agak mahal, tetapi jika dihitung - hitung sebenarnya memakai alat ini jauh lebih ekonomis jika kita memakai amplas lembaran biasa. Dari pengalaman saya memakai soft diamond wheel, bisa bertahan hingga 2 tahun asalkan cara pemakaiannya dilakukan dengan baik dan benar. Keuntungan lainnya adalah dari segi kecepatan dalam membuat batu akik yang apabila dihitung secara terperinci hal ini bisa menghemat pemakaian listrik kita hehe...

Bagi kebanyakan orang, batu akik adalah tren atau mode tetapi kita harus ingat bahwa ada banyak orang juga yang sudah lama menjadikan batu akik sebagai hobi / koleksi, maka dari itu saya pribadi tetap optimis bahwa bisnis batu akik ini akan bisa bertahan lama asalkan kita mempunyai standart kualitas yang bagus dalam pembuatan batu akik itu sendiri :)

» Thanks for reading Susahnya Membeli Soft Diamond Wheel Di Indonesia

1 Response to "Susahnya Membeli Soft Diamond Wheel Di Indonesia"

  1. Mau nanya, gan...gimana caranya memoles/mengkilapkan batu sapphire, sebab sangat sulit sekali finishingnya karena kekerasannya jauh lebih kerasa daripada batu akik pada umumnya?

    ReplyDelete

Silakan berkomentar sesuai dengan topik dan untuk kenyamanan bersama, jika ada komentar yang tidak berkaitan dengan topik akan saya hapus. Terima kasih :)