Kepincut Dalam Dunia Lapidarist

Apa Itu Lapidarist
Mungkin kata Lapidarist masih sangat awam dalam kehidupan kita sehari-hari, karena istilah ini sebenarnya banyak dipakai oleh orang dari luar negeri hehe... Tetapi sejak tren batu akik mulai naik daun kira-kira 1-2 tahun yang lalu, sudah banyak orang yang akhirnya sudah tidak asing lagi dengan istilah Lapidarist. Disini saya akan mencoba menjelaskan lagi sedikit mengenai apa itu Lapidarist?
Lapidarist adalah sebuah profesi membentuk, mengosok, ataupun memoles sebuah batu permata yang dari semula masih berbentuk batu atau bongkahan sampai menjadi sebuah permata yang memiliki nilai seni yang tinggi baik dilihat dari segi keindahan sampai harga jual yang fantastis!

Pada awalnya saya sendiri tidak begitu tertarik akan hobi Lapidarist ini, tetapi karena banyak teman-teman saya yang hampir setiap hari memamerkan batu permata atau akik kepada saya, akhirnya sedikit demi sedikit saya mulai ketularan menyukai batu permata / akik ini. Masih teringat betul pada waktu itu saya pertama kali mengunjungi tempat pembuatan batu akik dan ingin dibuatkan akik dari jenis batu sulaiman (yaman) dan bermotif junjung derajat. Saya lihat dan cermati betul tahap demi tahap pembuatan batu akik dari awal hingga akhir dari sang pembuat batu akik (lapidarist), dari sinilah saya merasa tertarik dan ingin belajar lebih jauh tentang bagaimana cara membuat batu akik yang baik dan benar sehingga diperoleh hasil yang sempurna nantinya.

Tanpa berlama-lama lagi selang beberapa hari kemudian saya langsung membeli peralatan pembuatan batu akik mulai dari mesin potong, dan poles batu akik. Berbekal dari apa yang pernah saya lihat pada waktu memesan batu akik dan sedikit banyak cari informasi di internet, lihat Youtube dan lain sebagainya akhirnya saya belajar menjadi seorang Lapidarist :)

Ternyata memang tidak mudah untuk menjadi seorang Lapidarist karena dibutuhkan ketelitian dan ketelatenan yang tinggi dalam setiap tahapan-tahapan pembuatan batu permata / akik. Dari pengalaman pribadi saya membutuhkan waktu sekitar 1 bulan untuk membiasakan atau melatih ketrampilan tangan dan kepekaan dalam pembuatan batu akik ini. Dari sinilah akhirnya saya benar-benar sudah kepincut dalam dunia Lapidarist, dari yang awalnya sekedar hobi sampai akhirnya sekarang Alhamdulillah sudah bisa menjadi sumber penghasilan dalam keluarga kami :)

Adakah dari anda yang mempunyai pengalaman seperti saya, menjadi seorang Lapidarist???

» Thanks for reading Kepincut Dalam Dunia Lapidarist

0 Response to "Kepincut Dalam Dunia Lapidarist"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai dengan topik dan untuk kenyamanan bersama, jika ada komentar yang tidak berkaitan dengan topik akan saya hapus. Terima kasih :)