Poles Batu Tapi Tidak Bisa Mengkilap

tips memoles batu akik yang susah mengkilap
Mungkin jika anda seorang lapidarist / pemoles batu akik pernah atau bahkan sering mengalami hal seperti ini, hehe... santai saja bos anda tidak sendirian karena saya pribadi juga sering mengalami hal seperti ini! Sebenarnya ada beberapa faktor kenapa batu akik tidak bisa mengkilap meskipun sudah diamplas / dipoles atau bahkan sudah menggunakan serbuk intan (cerium oxide) sekalipun. Dari yang saya ketahui (berdasarkan pengalaman pribadi dan baca - baca artikel di internet tentang batu akik) beberapa faktor tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Dari faktor jenis batu itu sendiri. Ada beberapa jenis batu yang memang tidak bisa mengkilap meskipun sudah dipoles sampai capek (istilah jawanya "klenger"). Biasanya dikarenakan kandungan mineral dalam batu tersebut sangat sedikit, misalnya seperti jenis batu fosil, black jade, dan beberapa jenis batu lainnya yang saya sendiri tidak tau apa namanya hehehe...
  2. Dari faktor ketelatenan sang pemoles itu sendiri. Biasanya hal ini dikarenakan kurang maksimalnya dalam tahap pembentukan awal batu akik. Jika anda ingin mendapatkan hasil yang sempurna dalam memoles batu akik, sebaiknya anda perlu ketelatenan yang ekstra dalam tahap awal pembentukan (bisa menggunakan gerinda batu ijo, atau diamond wheel) usahakan seminimal mungkin meninggalkan sisa guratan - guratan bekas gerinda. karena semakin sedikit guratan akan lebih mudah untuk menghilangkan nya dengan memakai amplas atau soft diamond wheel. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah ketika mau berpindah amplas ke tingkat yang lebih halus, usahakan jangan terlalu banyak selisih grid (harus berurutan) misalnya mulai dari amplas grid #100 - #320 - #600 - #1000 - #2000 - #5000. Jika anda sudah melakukan cara di atas Insya Allah akan mendapatkan kilap yang sempurna (kencling).
  3. Dari faktor peralatan. Memang benar saya akui kalau kita menggunakan peralatan yang lengkap dan memadai akan banyak menunjang hasil kinerja pembuatan batu akik itu sendiri. Tetapi kembali lagi biasanya memang diperlukan dana yang agak mahal untuk itu semuanya. Suatu contoh misalnya soft diamond wheel (sudah pernah saya ulas sebelumnya, anda bisa baca DISINI).
  4. Dari faktor XXX. Jangan keburu ngeres dulu bos pikirannya, hehehe... Maksud saya adalah memang ada beberapa jenis batu yang memang dalam proses pembuatannya membutuhkan kelembutan. Faktor kelembutan yang saya maksud disini adalah harus dikerjakan secara manual karena kalau menggunakan mesin hasilnya tidak sebagus manual. Suatu contoh misalnya jenis batu kalimaya, dalam pembuatan batu ini saya sendiri biasanya tidak menggunakan mesin (cukup amplas dengan tangan saja) hehehe...
Nah itulah tadi beberapa faktor kenapa batu tidak bisa mengkilap meskipun sudah dipoles. Tulisan saya diatas adalah berdasarkan dari murni pengalaman pribadi, jika ada beberapa informasi yang mungkin salah atau keliru harap dimaklumi ya bos. Jika mungkin ada dari anda para pembaca blog ini mempunyai pengalaman - pengalaman lainnya, atau mungkin ada yang mau ditanyakan silahkan anda menulisnya pada kolom komentar :)



» Thanks for reading Poles Batu Tapi Tidak Bisa Mengkilap

0 Response to "Poles Batu Tapi Tidak Bisa Mengkilap"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai dengan topik dan untuk kenyamanan bersama, jika ada komentar yang tidak berkaitan dengan topik akan saya hapus. Terima kasih :)